FAQ

Pertanyaan yang sering dilontarkan

- U M U M -

GPS Tracking itu apa ?
GPS Tracking adalah suatu sistem pemantauan jarak jauh yang menggunakan Satelit GPS sebagai penentu lokasi kendaraan/asset bergerak dengan tepat dan akurat dalam bentuk titik koordinat yang kemudian diimplementasikan ke dalam bentuk Peta digital, sehingga dapat dimengerti dengan mudah bagi penggunanya.
Apakah benefit dari GPS Tracking ?
Benefit dari penggunaan GPS Tracking adalah membantu mengurangi penggunaan biaya ponsel serta penggunaan SMS untuk mendeteksi lokasi kendaraan, yang mana dahulu biasanya dilakukan dengan cara menghubungi pengemudi/supir dengan menelepon atau mengirimkan SMS dan biaya tersebut sangatlah mahal. Dengan menggunakan GPS Tracking biaya dapat ditekan karena menggunakan fasilitas GSM/GPRS, serta dapat menampilkan lokasi kendaraan dengan akurat dari segi tempat dan waktu (real time).
Berapakah biaya yang harus dikeluarkan ?
Biaya yang dikenakan bervariasi disesuaikan dengan kebutuhan pengguna alat, tetapi sangat terjangkau dan cukup murah dibandingkan dengan fungsi alat yang sangat luas penggunaannya, karena jangkauannya hampir seluruh Indonesia.
Bagaimana cara trackingnya ?
Cara kerja GPS Tracking dimulai dari beberapa Satelit GPS yang menangkap signal GPS yang dikeluarkan dari Kendaraan yang menggunakan GPS Tracking ( Black Box ), kemudian menghasilkan titik koordinat, data tersebut dikirim melalui GSM/GPRS ke pusat data ( server ), yang kemudian disimpan, hasil akhir data tersebut dapat dilihat oleh pengguna Tracking melalui Website Tracking dalam bentuk peta digital dan dapat pula melalui ponsel yang berupa berita SMS dengan pengamanan khusus sehingga kerahasiaan data tetap terjaga, dan dapat di akses dimanapun pengguna tracking berada.
Apakah fungsi utama dari GPS Tracking ini ?
Fungsi utama alat ini adalah melacak keberadaan kendaraan anda dan apabila terjadi masalah, musibah, pembajakan pada kendaraan, dengan mudah alat ini dapat mengirim pesan singkat melalui SMS ataupun signal Emergency ke ponsel anda/pusat pemantauan dengan cara menekan tombol Emergency. Dan apabila kendaraan anda dicuri maka saat itu pula kendaraan anda dapat terlacak dan anda/pusat pemantau dapat langsung mematikan mesin dari jarak jauh.
Apakah perbedaan antara GPRS and SMS ?
INDOGROUPGPS menggunakan fasilitas GPRS dan SMS untuk pemberitaan titik koordinat kendaraan yang sedang dipantau, tetapi masing-masing mempunyai kelebihan serta kekuarangan yaitu :
GPRS SMS
Pengiriman Cepat Pengiriman terkadang tertunda
Pasti terkirim Belum tentu terkirim
Lebih murah (± Rp 25 / Data terkirim) Lebih mahal (± Rp 250 / Data terkirim)

Apakah GPS, GPRS, GSM dan SMS ?
GPS (Global Positioning System) adalah sistem satelit navigasi dan penentuan posisi menggunakan satelit. Nama formalnya adalah NAVSTAR GPS, kependekan dari "NAVi-gation Satellite Timing and ranging Global Positioning System". GPS Satelit adalah buatan Amerika dan pertama kali dipergunakan hanya oleh militer Amerika, tetapi sekarang GPS sudah dapat dipergunakan oleh siapa saja sebatas penggunaan saja. Amerika mengorbitkan 29 satelit secara bertahap, dan sekarang hanya tersisa 24 yang masih berfungsi dengan baik. Dan hingga saat ini penggunaan GPS tidak dikenakan biaya.

GPRS (General Pocket Radio Service) merupakan pelayanan tanpa suara terbaru pada ponsel yang dapat mengirim maupun menerima data hingga 171 Kbps dan dapat selalu diaktifkan, sehingga pengiriman dan penerimaan data dapat selalu dilakukan secara cepat.

GSM (Global System for Mobile Communications) adalah sebuah sistem yang dapat mengirim maupun menerima data maupun suara yang terdapat pada ponsel saat ini yang mana diciptakan makin kompak, makin kecil bentuk dan ukurannya tetapi mempunyai kemampuan yang besar, ponsel ini dapat berkomunikasi lebih luas hampir ke 170 negara. Bahkan ada GSM Satelit yang mana jangkauannya lebih luas lagi, bahkan dapat digunakan di tempat-tempat yang tidak dapat dijangkau oleh GSM biasa.
SMS (Short Message Service) merupakan salah satu fitur non-voice yang dapat kita jumpai pada semua ponsel saat ini, yang mana berfungsi mengirim maupun menerima data dalam format text melalui jaringan GSM. Text yang ditampilkan dapat berupa huruf maupun angka ataupun keduanya, maksimum penulisan pada setiap kali pengiriman 160 karakter. Saat ini pun banyak ponsel GSM yang sudah dapat menampilkan karakter dalam bentuk tulisan Arab, Chinese karakter, oleh karena itulah SMS banyak digunakan siapa saja yang ingin mengirim pesan singkat.
Apa definisi dan perbedaan antara GPS tracker biasa ( manual) dengan GPS tracker AVL ?
GPS Tracker biasa menggunakan sistem pelacakan hanya reltime (saat ini juga) via data GSM/ SMS yang mana format feedback laporannya hanya berupa titik koordinat dan lokasi kendaraan berdasarkan BTS atau bahkan jika adanya keadaan kendaraan namun tanpa adanya history perjalanan karena tidak adanya fasilitas layanan dari server host. pelacakannya berupa permintaan aktiv dr konsumen dg menelpon / sms ke alat, setelah alat membalas koordinat maka konsumen masih harus memasukkan lagi titik koordinat tersebut ke media peta. sedangkan
GPS Tracker AVL sistem pelacakannya secara otomatis tersaji data & segala aktivitas armada kendaraannya dengan membuka layar komputer / handphone. konsumen hanya diminta otorisasi user id & password. dengan GPS Tracker AVL konsumen juga dapat menarik report histori perjalanan hari yang lalu karena data-datanya otomatis juga terecord di server center / server hosting.
Kesimpulannya : GPS AVL (automatic vehicle location) yang bekerja adalah system 24 jam non stop secara otomatis realtime & tersurat. GPS Manual yang bekerja adalah manusia-nya dengan menghubungi alat dengan telpon / meng-sms alat gps terlebih dahulu tanpa adanya bukti catatan perjalanan.

- K H U S U S -

INDOGROUPGPS memiliki system pelacakan seperti apa ?

INDOGROUPGPS memiliki sistem pelacakan Automatic Vehicle Location (AVL) untuk mempermudah pelacakan kendaraan konsumen tanpa harus ribet dengan manual memasukkan titik koordinat kembali, selain itu juga report histori perjalanan akan secara otomatis tersimpan di data center hingga 3 bulan lalu yang sewaktu-waktu dapat didownload oleh konsumen sebagai bukti tersurat maupun sebagai laporan managemen.

INDOGROUPGPS menggunakan Server Center sendiri atau menumpang ?

INDOGROUPGPS menggunakan server sendiri sepenuhnya terletak di Indonesia bukan server numpang atau sewa ke provider luar negeri dan bawaan pabrik atau lainnya seperti yang lain yang bermunculan. sehingga penanganannya lebih cepat karena didukung oleh support 24 jam & Tim peta lokal. hingga awal tahun 2012 memiliki 15 server center yang dalam policy INDOGROUPGPS dalam tiap 1 servernya dibatasi 1500 unit kendaraan.
Apakah harga alat gps dari INDOGROUPGPS mahal ?
Dengan system kecanggihan alat (AVL) + module GSM & Chipset GPS berkualitas branded + server sendiri + support 24 jam + garansi alat 2 tahun (terdapat extensi tahun ke 3, 4 & 5*) + system pelacakan mudah & mencukupi kebutuhan lacak / pantau + digunakan oleh perusahaan-perusahaan ternama. maka alat & software GPS Tracker INDOGROUPGPS tergolong jauh lebih murah dan lebih ekonomis.


Jaringan data menggunakan apa ?
Menggunakan jaringan data murni satelit Global LEO Globalstar

Sumber power menggunakan apa ?
Hal ini tergantung dengan tipe prangkatnya, Alat S-103 dibagi menjadi 2 model, untuk model portable menggunakan sumber power baterai AA dan untuk model non-portable menggunakan volt DC yang didapat dari accu kapal atau volt AC 220V dari generator kapal (menggunakan adapter 220v to 5v). Sedangkan tipe S-108 sumber power dari charging solarcell power untuk menyuply power ke baterai internalnya.

Pola kirim data upload seperti apa ?
Pada prinsipnya alat SAT Tracker ini adalah realtime (saat itu juga) namun alat ini diatur dengan timer yang telah diseting sebelumnya. Pilihan interval upload data adalah per 5 menit | per 15 menit | per 30 menit | per 60 menit | per 120 menit | per 240 menit.

Data yang didapat apa saja ?
Secara standar data yang dikirimkan dari tracking module satellite ke server adalah : Waktu - Kecepatan - Arah - Status Sinyal GPS - Titik kordinat - Mileage (Odometer) dan data tersebut berupa data log aktivitas yang tersimpan di server secara otomatis selama 90 hari dan dapat di download sewaktu-waktu. Untuk lebih detilnya silahkan klik

Apakah ada biaya airtime / abonemen yang timbul agar alat ini dapat beroperasional ?
Tentu, karena memang pada prinsipnya alat ini menggunakan jaringan data satelit, perihal besaran biaya disesuaikan berdasarkan pilihan interval data diatas, selanjutnya silahkan bertanya dengan team marketing kami

Untuk mengakses kapal/aset yang telah terinstal alat SAT Tracker ini melalui media apa ?
Akses melalui media web browser dengan sebuah link yang nantinya akan diberikan user id dan password untuk dapat login, selain itu disediakan pula aplikasi mobile khusus untuk smartphone OS Android maupun IOS, untuk lebih detilnya silahkan klik

Sejauh mana alat SAT Tracker ini tetap tercover jaringan ?
Dikarenakan alat SAT Tracker ini murni menggunakan data sinyal satelit maka jangkaunya sangat luas tergantung dari jumlah dan sebaran satelit suatu provider, silahkan lihat area yang tercover di bawah ini

Coverage Map klik disini


Apa penyebab umum alat SAT Tracker ini terkadang tidak kirim data ?
Hal paling umum disebabkan oleh power kelistrikan yang kurang tau tidak dapat menyuplai power ke perangkat untuk itu konsumen dapat mengecek dahulu jaringan power. Selain hal tersebut bisa disebabkan oleh cuaca yang tertutup mendung tebal atau bisa juga misalkan karena peletakannya di dalam ruangan.

Apa perbedaan dari produk satelit tracker yang ditawarkan ?
Berikut perbedaan secara mendasar-nya

Perbedaan mendasar



*Jika ada hal khusus yang perlu ditanyakan silahkan kontak kami langsung atau chat whatsapp / telegram tertera

Jaringan data menggunakan apa ?
Menggunakan jaringan terestrial GSM & data seluler

Sumber power menggunakan apa ?
Hal ini tergantung dengan tipe prangkatnya, Alat tracker ini menjadi 2 model, Model eksternal kabel power & portable baterai. Model kabel power (non-portable) menggunakan volt DC yang didapat dari accu kapal atau kendaraan dengan range power lebar 35v - 9v. Sedangkan Model portable menggunakan sumber power baterai berkapasitas besar yang dapat di isi dayanya sewaktu-waktu.

Pola kirim data upload seperti apa ?
Pada prinsipnya alat AVL Tracker ini adalah realtime (saat itu juga) namun alat ini diatur dengan timer yang telah diseting sebelumnya dengan pilihan interval upload data per 1 - 5 menit.

Data yang didapat apa saja ?
Secara standar data yang dikirimkan dari tracking module ini ke server adalah : Waktu - Kecepatan - Arah - Titik kordinat - Odometer untuk tipe portable, tipe kabel power dapat pula mendeteksi status mesin ON/OFF dan data tersebut berupa data log aktivitas yang tersimpan di server secara otomatis selama 90 hari dan dapat di download sewaktu-waktu. Tipe tracker dengan kabel power jika terpasang sensor tambahan* maka selain data standar di atas akan tampil pula data tambahan tersebut pada panel informasi pada monitoring dan laporan yang dapat didownload sewaktu-waktu. Data file berupa XLS - PDF - CSV.

Apakah ada biaya abonemen yang timbul agar alat ini dapat beroperasional ?
Tentu, karena memang pada prinsipnya alat ini menggunakan jaringan data seluler kartu pascabayar & bea sewa aplikasi dan server hosting data, perihal besaran biaya disesuaikan berdasarkan pilihan paket berlangganan, selanjutnya silahkan bertanya dengan team marketing kami.

Untuk mengakses kapal/kengaraan/aset yang telah terinstal alat AVL tracker ini melalui media apa ?
Konsumen akan dibuatkan sebuah akun tracking untuk mengaksesnya dibutuhkan user id & password untuk login, aksesnya berupa media web browser dengan sebuah link juga disediakan pula aplikasi mobile khusus untuk smartphone OS Android maupun mobile lite browser.

Sejauh mana alat AVL Tracker ini tetap tercover jaringan ?
Jaringan yang dibutuhkan alat tracker ini ada 2 macam yang saling terintegrasi, Sinyal satelit GPS sebagai transciever penentu lokasi kordinat dan sinyal data seluler sebagai komunikasi untuk mengirimkan data tracker ke server. sinyal GPS tidak bisa tertutup atap yang terlalu tebal sehingga menghalangi sinkronisasi satelit dan data seluler dipengaruhi oleh ketersediaan sinyal dari BTS tower setempat.

Apa penyebab umum alat AVL Tracker ini terkadang tidak kirim data ?
Untuk tracker menggunakan kabel power hal paling umum disebabkan oleh power kelistrikan yang kurang tau tidak dapat menyuplai power ke device untuk itu konsumen dapat mengecek dahulu jaringan power seperti sikring dan accu, khusus untuk tracker portable silahkan selalu diperkirakan kapasitas daya baterai internal alat. Selain hal tersebut bisa disebabkan oleh sinyal seperti yang diterangkan pada poin di atas.


*Jika ada hal khusus yang perlu ditanyakan silahkan kontak kami langsung atau chat whatsapp / telegram tertera

- BUKTIKAN...!! -