Sistem Kerja GPS Tracking

Services
INDOGROUPGPS Tracking System menyediakan Fasilitas Tracking untuk berbagai macam kendaraan darat dan laut yang khusus dirancang untuk pelanggan perusahaan serta pelanggan individu di Indonesia.

How It Works
Setiap kendaraan pelanggan INDOGROUPGPS dipasang sebuah alat pelacak GPS. Alat tersebut akan secara otomatis mengirim data posisi ke Tracking Server di data center INDOGROUPGPS dengan menggunakan jaringan selular GSM/GPRS/Satelit. Untuk memantau posisi kendaraan, pelanggan hanya perlu mengunjungi situs http://www.indotrack.com/trackpro dengan PC, laptop, android atau ponsel.

Sistem Konfigurasi :
sistem kerja GPS
Skema GPS Tracker GSM
sistem kerja GPS tracking kapal
Skema GPS Tracker Satellite

Seperti terlihat dalam gambar di atas, komponen-komponen INDOGROUPGPS Tracking System adalah sebagai berikut: 

  • GPS Satellites
    Satelit-satelit GPS memancarkan sinyal-sinyal yang digunakan untuk menentukan lokasi suatu objek.
  • Tracking Device
    Tracking Device merupakan alat yang dipasang di kendaraan yang akan dimonitor. Alat ini berfungsi menghitung lokasi kendaraan dengan menggunakan teknologi GPS, serta memonitor informasi-informasi lain seperti kecepatan dan arah kendaraan, odometer reading, status pintu, status mesin, dll. Alat ini akan mengirim data lokasi tersebut ke pusat kontrol (Tracking Server) secara otomatis melalui jaringan komunikasi GSM.
    • Communication Gateway
      Communication Gateway adalah aplikasi komunikasi yang digunakan oleh Tracking Server untuk menerima dan mengirim data dari/ke Tracking Device.
    • Tracking Server
      Tracking Server adalah aplikasi yang dijalankan di pusat kontrol. Aplikasi ini berfungsi menerima/mengirim data dari/ke Tracking device, merekam data yang diterima ke database, mengirim notifikasi ke semua user yang sedang aktif memonitor, menyampaikan command/request dari user ke Tracking Device dan menyampaikan response dari Tracking Device ke user.
    • Database Server
      Database Server adalah aplikasi yang berfungsi mengelola semua data yang digunakan oleh sistem ini, termasuk data posisi dan status kendaraan, data informasi kendaraan, peta digital yang digunakan dan data pemakai yang dapat mengakses sistem.
    • Tracking & Monitoring Software. Aplikasi ini digunakan oleh pemakai untuk melakukan monitoring melalui layar komputer. Pemakai dapat mengetahui lokasi kendaraan yang dimonitor pada sebuah peta yang ditampilkan di layar. Pemakai juga dapat mengirim command atau request ke Tracking Device melalui aplikasi ini.
    • Web Server (Opsional). Web Server ini adalah aplikasi tambahan yang dijalankan di pusat kontrol untuk menyediakan fasilitas akses melalui internet browser kepada pemakai yang tidak dipasang Tracking & Monitoring Software atau berada diluar jaringan TCP/IP perusahaan. Aplikasi ini tetap memakai data yang sudah tersimpan di Database Server.
    • Jaringan TCP/IP. Jaringan TCP/IP digunakan sebagai media komunikasi antara Tracking & Monitoring Software dan Tracking Server. Jaringan ini bisa berupa Local Area Network (LAN) maupun Wide Area Network (WAN).
    • Koneksi ke Internet. Koneksi ini diperlukan agar Tracking Device dapat mengirim data ke Communication Gateway. Koneksi ini juga akan digunakan oleh Web Server untuk menyediakan fasilitas akses remote melalui internet browser.
    Cara Kerja Sistem
    Cara kerja sistem ini adalah sebagai berikut:
    1. Tracking Device menerima sinyal GPS dari beberapa satelit GPS
    2. Berdasarkan sinyal-sinyal tersebut, Tracking Device menghitung posisinya
    3. Tracking Device mengirim data posisinya tersebut secara online ke Communication Gateway melalui jaringan GSM
    4. Tracking Server menerima data posisi yang dikirim oleh Tracking Device melalui Communication Gateway
    5. Setiap data posisi yang diterima dari Tracking Device direkam ke dalam database olehTracking Server
    6. Setelah itu Tracking Server akan mengirim notifikasi dan data posisi kendaraan yang diterimanya ke semua Tracking & Monitoring Software yang sedang aktif melalui jaringan TCP/IP
    7. Tracking & Monitoring Software akan menampilkan data tersebut pada peta mo nitoring.
    8. Tracking Device juga dapat merekam semua data posisi dan status pada setiap interval waktu tertentu ke On-board Flash Memory (RAM). Data tersebut kemudian dapat dibaca dan di-upload ke database server.
    9. Suatu kantor cabang yang perlu memonitor kendaraannya dapat dilengkapi dengan Local Server (opsional). Local Server ini berfungsi menjadi gateway bagi user di cabang tersebut sekaligus juga berfungsi untuk mengambil data posisi kendaraan dan sinkronisasi data lainnya dari Tracking Server melalui jaringan Internet.
    Fitur Sistem
    • Tracking Device mengirim data posisi, kecepatan dan arahnya secara otomatis ke Tracking Server.
    • Interval waktu pengiriman data oleh Tracking Device dapat ditentukan oleh pemakai.
    • Pemakai sistem dapat mengirim permintaan ke Tracking Device untuk segera melaporkan posisinya tanpa menunggu interval waktu yang telah ditetapkan.
    • INDOTRACE dapat memonitor lebih dari satu kendaraan sekaligus.
    • Tracking Device dapat digunakan untuk mengirim sinyal keadaan darurat ke Tracking Server (opsional).
    • Setiap kali menerima data dari Tracking Device, Tracking Server akan mengirim notifikasi ke Tracking Client sehingga dapat segera diketahui oleh pemakai.
    • Pemakai dapat melihat rute yang ditempuh dan animasi pergerakan kendaraan pada hari ini dan hari-hari sebelumnya melalui pemutaran ulang rute kendaraan (replay).
    • Tracking Device dapat dilengkapi dengan fasilitas sensor dan pengendalian. Fasilitas sensor dapat digunakan untuk mengetahui berbagai kondisi di kendaraan, misalnya: kondisi hidup-matinya mesin kendaraan. Fasilitas pengendalian dapat digunakan untuk melakukan pengontrolan jarak jauh terhadap berbagai hal di kendaraan, misalnya: mematikan mesin kendaraan bila kendaraan tersebut dicuri (opsional).
    • Tracking Server dapat dilengkapi dengan Web Server sehingga pemakai dapat melakukan monitoring melalui jaringan Internet hanya dengan menggunakan web browser.
    Kesimpulan :
    sehingga konsumen dapat memonitoring kendaraannya secara online jarak jauh hanya semudah di balik meja. berikut tampilan di monitor :